Jenis-Jenis Sapi Potong Impor

Sapi Brahman

Sapi Brahman berasal dari Bos indicus sapi dari India, sering juga disebut sebagai “sapi suci India”. Sapi Brahman adalah keturunan sapi Zebu atau Bos indicus. Aslinya berasal dari India kemudian masuk ke Amerika pada tahun 1849 berkembang pesat di Amerika, Di AS, sapi Brahman dikembangkan untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Setelah berhasil, jenis sapi ini diekspor ke berbagai negara. Dari AS, sapi Brahman menyebar ke Australia dan kemudian masuk ke Indonesia pada tahun 1974 (Anonim 2010a)

Gambar 1 Sapi Brahman (Anonim 2010a)

Ciri khas dari sapi Brahman antara lain berpunuk besar dan berkulit longgar, gelambir dibawah leher sampai perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Telinga panjang menggantung dan berujung runcing. Sapi ini adalah tipe sapi potong terbaik untuk dikembangkan (Anonim 2010a)

Sapi Brahman telah menjadi begitu penting di daerah tropis. Banyak keturunan sapi Brahman yang telah disesuaikan ke zona tersebut dengan cara mengawinkan dengan sapi setempat. Hasil perkawinan buatan yang termasuk keturunan sapi Brahman adalah Brangus, Braford, Sim Brah, Cha Bray, dan Beef Master (Anonim 2010a).

Keuntungan dari sapi Brahman antara lain pertumbuhan yang cepat, cepat dewasa kelamin, produksi daging yang melimpah, jinak, dan kelahiran yang teratur. Bobot jantan maksimum 800 kg dan betina 550 kg. (Anonim 2010a)

Sapi Limousin

Sapi Limousin merupakan keturunan sapi Eropa yang berkembang di Perancis. Sapi ini merajai pasar sapi Indonesia dan merupakan sapi primadona untuk penggemukan, harganya mahal karena pertumbuhan badannya bisa mencapai 1,1 kg per hari (Anonim 2010b).

Karakteristik dari sapi ini adalah bermuka putih, badan berwarna merah bata. Perut, kaki, dan bulu ekor umumnya berwarna putih. Memiliki bentuk tubuh yang kekar dan berotot, dengan pertumbuhan yang cepat. Pertambahan berat badannya mencapai 0,9 – 1,2 kg per hari, sehingga berat badannya bisa mencapai 800 – 1.200 kg. Berat rata-rata betina adalah 650 kg sedangkan yang jantan ialah 1000 kg (Anonim 2010b).

Gambar 2 Sapi Limousin (Anonim 2010b).

Sapi Simmental

Sapi ini berasal dari dataran Eropa yaitu lembah Simmental negara Switzerland, telah disebarkan ke seluruh dunia. Sapi ini lebih banyak dikembangkan di Australia dan Selandia Baru. Di Eropa, selain diternakkan untuk didapatkan dagingnya, sapi ini juga diperah karena dapat menghasilkan susu yang banyak (Anonim 2010c).

Ciri dari sapi Simmental, bulu berwarna merah, coklat, hitam, atau krem dengan wajah berwarna putih. Kadang-kadang terdapat bintik-bintik putih atau garis putih pada bahunya. Sapi ini berukuran besar dan mempunyai sifat perdagingan yang baik. Bobot jantan rata-rata 1100 kg dan betina 800 kg (Anonim 2010c).

Gambar 3 Sapi Simmental (Anonim 2010c.

Daftar Pustaka

Anonim. 2010a. Brahman. http://www.thecattlesite.com/breeds/beef/67/brahmanOverview. [24 April 2010]

Anonim. 2010b. Limousin. http://www.thecattlesite.com/breeds/beef/39/LimousinOverview. [24 April 2010]

Anonim. 2010c. Simmental.http://www.thecattlesite.com/breeds/beef/17/SimmentalOverview. [24 April 2010]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: