Tungau Ular

Ektoparasit ini ditemukan di luar tubuh dari ular, biasanya menghisap darah melalui permukaan kulit ular. Pada ular, ektoparasit yang paling umum adalah tungau ular (Ophionyssus natricis).  Tungau ular temasuk Arachnida. Parasit ini menghisap darah dan mereka adalah vector potensial yang dapat menyebarkan penyakit serius dan tungau tersebut sulit dibasmi begitu sudah terpapar pada ular di temp at penangkaran (Barker D dan Barker T 2006).

Gambar 1. Tungau ular sebelum menghisap darah.

Tungau ular menyebar ke seluruh dunia dengan cara herpetoculture. Tidak diketahui darimana asal inang asli parasit itu berasal. Beberapa pihak meyakini parasit tersebut berasal dari Afrika.

Tungau ular memiliki lima stadium perkembangan, yaitu telur, larva, protonympa, deutronympha, dan dewasa. Kondisi temperaur ideal untuk perkembiakan adalah 23 sampai 29,5ºC dengan kelembaban 70-90%. Jika tungau tidak mendapatkan kondisi yang ideal maka akan berpengaruh terhadap kemampuan bertahab hidup. Jika suhu melebihi 38 ºC atau kurang dari 1 ºC maka semua  stadium mengalami kematian.

Stadium larva dapat berlangsung satu atau dua hari. Larva berwarna putih pucat, hampir tidak dapat dilihat mata, tidak makan, dan walaupun bisa berjalan tapi cenderung lebih suka diam di sekitar lokasi telur-telur terletak.

Stadium protonympa berlangsung 3-4 hari. Pada stadium ini nympha terlihat aktif bergerak dan dapat bergerak dengan jarak yang lebih jauh. Protonympha dapat mendeteksi dan tertarik pada bau ular. Mereka membutuhkan hisapan darah untuk bermetamorphosis menjadi stadium berikutnya. Protonympha yang belum makan berwarna kekuningan dan hampir tidak terlihat dengan mata. Protonympha yang sudah makan akan berwarna merah gelap. Setelah kenyang protonympha berjalan meninggalkan inang ke tempat yang gelap dan lembab dimana mereka akan bertelur dan akan berganti kulit 12-24 jam setelahnya.

Pada stadium deutronympha, nympha memiliki badan yang lembek, berwarna merah tua atau hitam, tidak makan dan tidak bergerak. Stadium ini tidak ditemukan pada inangnya kecuali pada inang yang besar. Deutronympha akan berganti kulit dalam 24 jam untuk menjadi dewasa.

Tungau jantan dewasa lebih kecil daripada tungau betina dewasa. Mereka berwarna kekuningan sampai merah gelap atau hitam tergantung di mana mereka menghisap darah dan cairan apa yang mereka hisap. Menariknya pada jantan mereka hanya akan berwarna maksimal coklat kekuningan jika menghisap darah dari ular besar, sedangkan jika menghisap ular kecil maka mereka akan berwarna merah gelap atau hitam. Hal ini disebabkan alat penghisap pada jantan lebih pendek daripada betina.

Tungau Betina lebih besar dan gemuk daripada jantan. Betina berwarna lebih gelap daripada jantan. Betina akan segera melakukan perkawinan pertama kali setelah menghisap darah yang pertama kali pada stadium dewasa. Penghisapan darah sempurna berlangsung selama 4-6 hari. Selanjutnya tungau betina dewasa akan meninggalkan inang dan mencari tempat bertelur. Tungau betina akan menghisap darah 3-4 kali selama hidupnya dan akan melakukan perkawinan setiap selesai menghisap darah.

Tungau betina menelurkan 1 atau 2 lusin pada satu waktu dan dapat menelurkan sekitar 60-80 telur dalam hidup mereka. Telur-telur tersebut melekat pada permukaan tempat di mana mereka bertelur. Telur sangat jarang diletakkan pada inang di mana mereka tinggal. Biasanya tungau bertelur di tempat penangkaran, kadang di temapt yang tinggi pada kandang ular. Jika memungkinkan tungau betina bertelur di temapt gelap yang lembab. Tungau juga dapat bertelur langsung di ular yang besar teutama ular python dan boa, biasanya di ruang antara mata atau di bawah sisik anal. Telur menetas setelah satu hari pada temperature kondisi ideal tetapi pada temperature yang rendah penetasan terjadi lebih lama yaitu menetas setelah 4 hari atau lebih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: